Kenapa Harus Patiayam dan Lereng Muria?

Event Darling #OneActionOneTree masih berlangsung. Kembali ke tujuannya, event yang diinisiasi oleh Siapdarling ini adalah mengumpulkan 10.000 bibit pohon untuk ditanam di Pegunungan Patiayam dan Lereng Muria, Kudus, Jawa Tengah. 

Kenapa sih harus menanam di Pegunungan Patiayam dan Lereng Muria? Ternyata, dulunya ini adalah kawasan hutan dimana vegetasinya padat dan subur ditumbuhi banyak pohon. Sayangnya beberapa tahun terakhir kawasan ini menjadi gundul dan gersang sampai mencapai level 80 persen. Oleh karena satu dan lain hal. Oleh karena itu, Siapdarling di bawah Bakti Lingkungan Djarum Foundatuon memutuskan untuk melakukan penghijauan kembali dengan menanam bibit pohon di kawasan ini.


Situs Sejarah

Pegunungan Patiayam saat ini masih punya banyak daya tarik dan potensi, mulai dari peninggalan sejarah yakni berupa belasan goa, jalan bernilai sejarah yang dibuat pada masa penjajahan Belanda, sampai pesona alamnya yang keren.

Di sini ada Situs Purbakala Patiayam. Sekitar 1.500 fosil ditemukan di kawasan ini, ada yang disimpan di rumah penduduk, ada juga yang dipamerkan di Museum Ronggowarsito Semarang.

Patiayam dan Lereng Muria ini adalah bagian dari Gunung Muria memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakat Jateng, karena selama ratusan tahun, Gunung Muria menjadi tempat mencari nafkah yakni bercocok tanam.

Untuk alasan inilah event #OneActionOneTree dilakukan. Siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan pegunungan hijau yang sekaligus berperan sebagai situs purbakala juga, selain kita sendiri? 

Yuk, dukung penanaman 10.000 bibit pohon di Pegunungan Patiayam dan Lereng Muria dengan ikut keseruan event #OneActionOneTree

 

Sumber:

detik.com

radarkudus.jawapos.com

Blog lainnya