Mengenal Lebih Dekat Candi Darling From Home

Candi Darling adalah program kegiatan dari komunitas Siap Sadar Lingkungan (Siapdarling) yang digagas oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Candi Darling telah sukses menginspirasi generasi muda dan sudah melakukan penanaman di empat kawasan candi dan situs bersejarah. Kesuksesan tersebut mendorong Siapdarling untuk terus melakukan perubahan terhadap lingkungan di sekitar kawasan candi, namun karena situasi pandemi yang sampai saat ini belum kunjung usai maka dibentuklah Candi Darling From Home.

Jadi apa ya Candi Darling From Home itu?

Candi Darling From Home adalah kegiatan yang in line dengan Candi Darling namun dikemas dengan cara yang berbeda. Kegiatan ini mengajak generasi muda atau mahasiswa bahkan masyarakat umum untuk mengumpulkan 10.000 bibit pohon sebagai bentuk peduli lingkungan dalam menjaga pelestarian dan penghijauan di situs candi warisan sejarah Indonesia dari rumah masing-masing. Selain itu bagi yang belum pernah ikut berpartsipasi dalam Candi Darling, di Candi Darling From Home ini akan ada virtual experience yang dijamin tidak akan mengurangi keseruan Candi Darling di tahun-tahun sebelumnya. Pengumpulan bibit pohon di Candi Darling From Home juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, lho.

Dalam pengumpulan 10.000 bibit pohon ada berbagai activity-activity yang dapat diikuti yaitu memfollow, like, dan subscribe seluruh media sosial Siapdarling, memposting dan membalas setiap konten di seluruh media sosial Siapdarling, Pass The Bibit Challenge,  gowes dan running hingga 100.000 kilometer, dan menulis artikel dengan tema lingkungan yang telah ditentukan. Nantinya dari setiap activity tersebut akan dikonversikan menjadi bibit pohon yang akan ditanam di kawasan candi yang sudah dipilih dan ditentukan oleh tim dari Siapdarling. Activity-activity ini juga sebagai pembuktian seberapa banyak generasi muda dan masyarakat yang sadar dan peduli akan lingkungan.

Lokasi Candi Darling From Home untuk penanaman bibit pohon akan dilaksanakan di tiga tempat yaitu Candi Sambisari, Candi Banyunibo, dan Candi Barong yang seluruh lokasi berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Menariknya, setiap candi memiliki sejarah-sejarah unik yang wajib buat kita jaga dan lestarikan.

Jadi, sudah siap beraksi untuk pengumpulan bibit pohon di Candi Darling From Home?

Blog lainnya